Rancangan pembelajaran merupakan bagian dari proses
pembelajaran, oleh karenanya pembahasan mengenai rancangan pembelajaran tidak
akan lepas dari pembahasan mengenai proses pembelajaran sebagaimana dijelaskan
dalam Standar Proses. Standar Proses adalah kriteria mengenai pelaksanaan
pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan
(SKL). Standar Proses dikembangkan mengacu pada SKL dan SI. § Standar
Kompetensi Lulusan sebagai kerangka konseptual tentang sasaran pembelajaran
yang harus dicapai. § Standar Isi (SI) sebagai kerangka konseptual tentang
kegiatan belajar dan pembelajaran yang diturunkan dari tingkat kompetensi dan
ruang lingkup materi. § Sasaran pembelajaran mencakup pengembangan ranah sikap
(afektif), pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotorik). B.
Perencanaan Pembelajaran · Setiap pendidik pada Satuan Pendidikan wajib menyusun
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara lengkap dan sistematis agar
pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan,
menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta
memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, Pendidikan Agama
Khonghucu dan Budi Pekerti 21 dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan
perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. · Perencanaan Pembelajaran
dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang
mengacu pada Standar Isi. · Perencanaan Pembelajaran meliputi penyusunan
rencana pelaksanaan pembelajaran dan menyiapkan media dan sumber belajar,
perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. · Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka
untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari Silabus untuk
mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi
Dasar (KD). C. Pelaksanaan Proses Pembelajaran · Alokasi waktu jam tatap muka
pembelajaran : SD 35 menit · Bahan Ajar (berupa buku teks, Handout, Lembar
Kegiatan Siswa, dll.) diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas
pembelajaran. · Pengelolaan Kelas meliputi: - Memberikan penjelasan tentang
silabus. - Pengaturan tempat duduk, sehingga sesuai dengan tujuan dan
karakteristik materi. - Mengatur volume suara sehingga terdengar dengan jelas.
- Mengatur tutur kata sehingga terdengar santun, lugas dan mudah dimengerti. -
Berpakaian sopan, bersih dan rapih. -
Menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, dan keselamatan. - Memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respon dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. - Mendorong dan menghargai peserta didik untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat. 22 Buku Guru Kelas III SD · Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi RPP meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan Pendahuluan Hal-hal yang mesti disiapkan pendidik dalam kegiatan pendahuluan: - menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; - memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional; - mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari; - menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan - menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. Kegiatan Inti Kegiatan inti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Pemilihan pendekatan tematik dan/ atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning) disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Unduh DISINI
Menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, dan keselamatan. - Memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respon dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. - Mendorong dan menghargai peserta didik untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat. 22 Buku Guru Kelas III SD · Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi RPP meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan Pendahuluan Hal-hal yang mesti disiapkan pendidik dalam kegiatan pendahuluan: - menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; - memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional; - mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari; - menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan - menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. Kegiatan Inti Kegiatan inti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Pemilihan pendekatan tematik dan/ atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning) disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Unduh DISINI