Tahap ini merupakan kegiatan peserta didik untuk membangun penalaran (asosiasi) melalui pengungkapan kebenaran ajaran Buddha, menganalisis teks-teks ajaran Buddha, menghubungkan pengetahuan awal yang dimilikinya hingga mampu memiliki wawasan (pengetahuan kontekstual) yang baru tentang ajaran Buddha. 1. Kegiatan Pendahuluan a. menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; b. memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan; c. mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari; d. menjelaskan tujuan mempelajari “Sejarah dan makna perayaan hari raya Magha Puja”; dan e. menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan yang akan dilakukan. 2. Kegiatan Inti a. Kegiatan membangun sikap Sikap yang ingin dibangun dalam materi “Sejarah dan makna perayaan hari Magha Puja” adalah hormat, peduli, iklas membantu orang lain dengan memberi sumbangan, dan meyakini. Pembelajaran membangun sikap tersebut dapat dilakukan dengan tahap-tahap sebagai berikut. Minggu 2 (4 x 35 menit) 204 Kelas III SD 1) Ciptakan situasi “seandainya peserta didik mengalami kesulitan dan membutuhkan pertolongan, serta ketika menerima
bantuan atau pertolongan”. 2) Ajak peserta didik menganalisis masalah yang tersirat, misalnya bagaimana perasaan, dan kepribadian/ karakter orang yang sedang tertimpa kemalangan, serta orang yang sedang menerima pertolongan. 3) Ajak peserta didik menuliskan tanggapan (perasaan peserta didik) terhadap orang yang sedang beruntung atau mengalami kemalangan. 4) Ajak peserta didik untuk menganalisis respons orang lain serta membuat kategori dari setiap respon yang diberikan. 5) Peserta dididk diajak berpikir tentang segala kemungkinan yang akan timbul sehubungan dengan tindakan yang diusulkan dalam menanggapi permasalahan jika dirinya mengalami tindakan amoral. 6) Peserta didik diajak memandang sikap dan kepribadian orang “baik” dan “jahat” dari berbagai sudut pandang. 7) Peserta didik diajak untuk merumuskan sendiri tindakan yang harus dilakukan jika suatu saat menghadapi perlakuan tidak baik sesuai pertimbangan sendiri. *Lakukan penilaian sikap sosial di tahap ini dengan menggunakan rubrik pada halaman 56 s.d. 57 buku ini. b. Kegiatan membangun pengetahuan dan keterampilan Bimbinglah peserta didik untuk membangun pengetahuan dan keterampilan dengan melakukan kegiatan belajar dengan pendekatan saintifik dengan langkah-langkah sebagai berikut. 1) Mengamati Ajaklah peserta didik untuk mengamati dengan membaca cermat teks bacaan sejarah dan makna perayaan hari Magha Puja dan gambar 7.3 kemudian diminta mengemukakan pendapatnya. Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti 205 2) Menanya Peserta didik diajak untuk merumuskan pertanyaan berkaitan dengan hal-hal yang belum dipahami, belum jelas, atau ingin mengetahui lebih lanjut dalam kegiatan pengamatan terhadap teks bacaan Sejarah Hari Raya Magha Puja dan gambar 7.3. Jika peserta didik masih pasif, guru dapat berinisiatif memberikan beberapa contoh pertanyaan dengan menggunakan kata tanya Apa, Mengapa, Bagaimana, Siapa, Di mana, dan lainlain. 3) Mengumpulkan data/informasi Peserta didik diminta untuk berdiskusi atau mencari informasi dengan mengumpulkan pendapat temanteman sekelasnya, serta mencari dari buku sumber, dan atau sumber lain yang tersedia di sekolah berdasarkan rumusan pertanyaan yang telah dibuatnya. 4) Mengasosiasi/Menalar Ajaklah peserta didik untuk mengolah data dan informasi yang telah didapatnya kemudian diminta untuk menilai benar atau salah informasi yang didapatnya dan menyampaikan alasan atas penilaian yang dibuatnya. 5) Mengomunikasikan Peserta didik mempresentasikan/menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas bisa perwakilan kelompok atau perorangan tergantung waktu yang tersedia. Intruksikan agar hasil kerjanya disimpan dengan baik dan disampaikan kepada kedua orang tuanya untuk ditanda-tangani.
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Unduh DISINI