MENULIS
A.
Kompetensi Dasar
4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga
tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya
B.
Tujuan Pembelajaran**:
§ Siswa dapat Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh
dengan memperhatikan isi serta perannya.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C.
Materi Pokok
§ Teks Dialog
D.
Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi
:
- Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
§ Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca contoh dan kesimpulan dialog.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi
dialog.
F Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan
berdasarkan gambar.
F Memperagakan dialog yang dibuat.
F
Memahami
penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
F Membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
F
Membuat
kalimat seru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Mengerjakan
soal-soal latihan
F
Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis