1. Mendeng-arkan
Memahami teks dan cerita anak yang dibaca 1.1 Menulis
hal-hal penting / pokok dari suatu teks yang dibacakan
• Teks Bacaan
• Siswa dapat mendengarkan pembacaan teks
• Siswa
dapat melengkapi pernyataan yang
sesuai dengan teks
• Siswa
dapat menentukan hal-hal penting dari
teks yang didengarkan
• Siswa
dapat meringkas teks yang didengarkan
berdasar-kan hal-hal penting/ pokok • Mendengarkan pembacaan teks
• Melengkapi pernyataan yang sesuai dengan teks
• Menentukan
hal-hal penting dari teks yang didengarkan
• Meringkas
teks yang didengar-kan berdasarkan hal-hal penting/ pokok Lisan
Tertulis
Penugasan Lembar
penilaian
Produk • Lengkapi-lah pernyataan yang sesuai dengan teks!
• Ringkaslah
teks yang didengar-kan berdasar-kan
hal-hal penting / pokok! 1 X pertemuan
2 X
35 menit Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 18 Penerbit
Erlangga
1.2
Mengiden-tifikasi tokoh, watak,
latar, tema, atau amanat dari cerita anak yang dibaca
• Cerita anak • Siswa dapat
mendengarkan cerita anak
• Siswa
dapat menjawab pertanyaan
sesuai dengan cerita yang didengar
• Siswa
dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh
cerita
• Siswa
dapat menentukan latar cerita
• Siswa
dapat menceritakan kembali cerita yang didengar • Mendengarkan cerita anak
• Menjawab
pertanyaan sesua dengan cerita
yang didengar
• Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
• Menentukan
latar cerita
• Menceritakan kembali cerita yang didengar Lisan
Tertulis
Penugasan Uraian
• Jawablah
pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar!
1
X pertemuan
2 X 35 menit Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 2 Penerbit
Erlangga