Kegiatan
Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya
jawab tentang Materi yang akan dipelajari
- Mengajukan
pertanyaan tentang penjelasan Menulis surat undangan
Kegiatan
Inti :
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Memahami
bagian-bagian surat undangan resmi.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Melengkapi
surat undangan dengan tepat
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
Mengerjakan
soal-soal latihan
Menulis
surat undangan (ulang tahun, acara keagamaan, kegiatan sekolah, kenaikan
sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan
E. Metode/Sumber
Belajar
Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
Sumber
Belajar : Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006
KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
• Siswa
dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
• Siswa
dapat melengkapi surat undangan dengan tepat.
• Tertulis
• Portofolio Lembar penilaian
Produk • Lengkapi-lah surat undangan
resmi dengan tepat!